Helm sebagai objek dalam kajian semiotika

 


Halo perkenalkan nama saya Rafi Naufal Arif. Kali ini saya akan menceritakan sebuah kajian terhadap objek yang ada di sekitar saya dengan menggunakan semiotika. Objek yang saya pilih adalah helm yang telah lama saya inginkan. Helm dengan merek Kyt kyoto ini adalah helm pertama dan helm yang sangat saya inginkan. Helm tersebut saya beli dengan harga 320 ribu rupiah yang dimana saat itu saya membeli nya disaat kelas 2 SMK. Saat itu saya mengumpulkan uang tersebut dari bekal uang yang diberikan oleh orang tua saya, mengumpulkan dari kelas 1 SMK dan akhirnya bisa membelinya meskipun mengumpulkan uang tersebut dengan lama sekali. Helm tersebut adalah helm yang memang saya inginkan sejak pertama kali helm itu di perkenalkan ke publik. Helm tersebut adalah helm buatan indonesia yang dimana standar keamanan nya sudah terjamin dan kualitas yang bagus karena itu saya menginginkannya.

Dalam hal ini objek atau Helm ini biasanya dipakai sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran militer, atau aktivitas sipil saat olahraga, aktivtas pertambangan, atau berkendara. jenis perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala serta biasanya dibuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya, sebagai contoh kevlar, serat resin, atau plastik.

Helm yang saya beli ini saya gunakan untuk aktivitas sehari-hari saya seperti berpergian menuju sekolah, dan berpergian dengan kendaraan motor. Meski saat itu saya belum diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan motor. Namun tetap saja helm ini berguna dan sangat penting untuk digunakan dalam berkendara di jalanan. Karena helm merupakan peranti keselamatan wajib yang harus digunakan setiap pengendara motor di Indonesia dan berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan, melindungi mata dari debu serta melindungi kepala dari cuaca ekstrim.

Helm ini juga sangat berkesan karena selain mengajarkan saya tentang menabung dan bersabar, helm ini mempunyai cerita yang berkesan karena pengumpulan uang nya tersebut  tidak hanya dari uang jajan yang didapatkan tiap harinya tetapi ada usaha dalam pengumpulannya yaitu dengan membantu ibu saya berjualan. Tiap harinya saya diupah sekitar 10 – 20 ribu rupiah tergantung ramainya pembeli. Sehingga terbeli nya helm impian saya ini  menjadi sangat spesial. Dan disaat itu ini adalah barang termahal yang saya pernah beli dari hasil menabung dan barang terlama yang bisa saya dapatkan dengan menabung. Karena orang tua saya selalu mengajarkan jika menginginkan sesuatu yang diinginkan harus merasakan perih nya terlebih dahulu. Meskipun tidak sepenuhnya uang yang  dihasilkan dari saya karena uang tersebut adalah uang jajan harian yang diberikan dari orang tua saya, tetapi tetap saja mendapatkan nya perlu perjuangan. Yang dimana saya mengatur uang tersebut supaya bisa tetap jajan dan ada ongkos untuk pulang.

Mungkin cukup sampai disini tentang kajian sebuah objek yang ada disekitar yang dimana objek yang saya pilih adalah helm impian saya terima kasih telah membaca sampai akhir. Mohon maaf bila ada salah kata dari saya.

Saya Rafi naufal arif mengucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas: Literatur Review 20 Jurnal Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure

Kajian Seni Rupa dan Desain

Kajian Seni Rupa Dan Desain Mitos, Metafora dan Metonimi