Kajian Seni Rupa Dan Desain Mitos, Metafora dan Metonimi

 

Mitos, Metafora dan Metonimi Semiotika dalam Serial Animasi Naruto



 

Mitos

Dalam serial animasi Naruto ini terdapat sebuah klan atau kelompok yang memiliki sebuah kekuatan mata yang bernama mangekyou sharingan. Yaitu mata yang hanya dimiliki oleh klan Uchiha, bertujuan membantu penggunanya untuk melihat jenis Jutsu musuhnya, namun Sharingan juga membantu penggunanya untuk membaca kecepatan, gerakan, dan pola serangan musuhnya. Mata ini dalam keterkaitannya dengan mitos di serial animasi naruto adalah karena mata mangekyou sharingan menggambarkan tentang kesedihan atau keputusaan akan seseorang jika kehilangan orang tersayang atau orang terdekat nya. Karena mata tersebut hanya bisa didapatkan jika penggunanya mengalami kesedihan akibat kehilangan seseorang yang membuat mata ini memberikan bentuk pesan tentang kesedihan atau keputusasaan.

 

Metafora

Dalam anime Naruto terdapat arc yang menarik untuk dibahas yaitu arc membawa kembali Uchiha Sasuke. Dalam arc ini menceritakan tentang bagaimana cara untuk membawa Uchiha Sasuke kembali agar dia tidak bergabung dengan Orochimaru dengan cara membentuk tim yang terdiri atas Uzumaki Naruto, Nara Shikamaru, Akimichi Choji, Inuzuka Kiba, dan Neji Hyuuga. Misi ini menggambarkan sebuah metafora karena keteguhan dan sikap pantang menyerah Naruto untuk menyelamatkan temannya meskipun hampir mustahil dan bisa mengancam nyawa Naruto sendiri dan teman-temannya yang ikut dalam misi ini. Sikap kepala batu yang ditujukan Uchiha Sasuke membuat teman-temannya kesulitan bermakna metafora yaitu sifat yang tidak mau dinasihati dan ingin melakukan apapun sesukanya.

 

Metonimi

Karena Naruto adalah anime yang bergenre ninja maka banyak teknik rapalan-rapalan jurus berikut dengan pengucapannya. Contohnya jurus seribu bayangan yang bermakna maka ada tiruan dari karakter Naruto yang berjumlah banyak sehingga dapat menyerang musuh dengan mudah. Dan karakter monster bernama kurama yang dikenal sebagai monster ekor sembilan karena memiliki jumlah ekor sembilan.

Anggota Kelompok :

1.       Rafi Naufal Arif - 202146500776

2.       Rony Bimawan - 202146500752

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abstrak

Tugas 3: Literature Review Pada Objek Desain